MY SKINCARE ROUTINE (DRY SKIN TYPE, MOSTLY DRUGSTORE PRODUCTS)

Hi, Everyone! Welcome back to my blog. Hari ini aku pengen berbagi tentang skincare routine. Sebenarnya sampai awal tahun 2016 lalu aku masih buta banget tentang skincare. Skincare routine yang aku jalani pun masih yang standar bangeeet... Paling cuma pakai pembersih dan moisturizer (even cuci muka pun cuma pake air). 😂 Tapi kemudian aku sadar kalau beberapa tahun lagi aku akan memasuki usia kepala 3. Jenis kulitku yang kering ini lebih gampang muncul garis halus dan keriput. Kalau skincare routine aku gak diperbaiki mungkin kulitku akan terlihat cepat tua nantinya... 😢😢

Untung aku menyadari kesalahanku walaupun telat sebenernya kemudian aku segera mencari info tentang skincare dan mencoba rajin merawat kulitku. Walaupun mungkin belum lengkap banget, paling engga sudah lebih lengkap daripada sebelumnya. Hehe..

My Skincare Products
Anyway, karena sebagian besar uangku dihabiskan lebih ke makeup, jadi untuk skincare aku ga bisa beli yang terlalu mahal. So... ini dia step by step skincare routine aku (ceritanya lagi pakai makeup berat, ya):

1. FIRST CLEANSER

Maybelline Clean Express & Garnier Micellar Water
Tahap pertama membersihkan kulit kalau aku lagi pakai makeup berat adalah membersihkan area mata dan bibir dengan Maybelline Clean Express Total Clean. Produk ini benar-benar cepat mengangkat kotoran yang sulit terangkat seperti eyeliner dan maskara. Setelah area mata dan bibirku bersih, aku lanjutkan membersihkan wajah dengan Garnier Micellar Water. Aku suka banget karena produk ini water base dan tanpa alkohol. Tapi butuh sekitar 4 sampai 5 kapas sampai wajah benar-benar bersih.

2. FACE WASH
Sebenarnya embel-embel dari Micellar Water itu tidak perlu dibilas dengan air. Tapi aku pernah melewatkan tahap cuci muka dan malah muncul jerawat. Jadi mencuci muka dengan face wash itu wajib hukumnya buat aku.

My Face Wash Products
Aku punya tiga jenis face wash dengan fungsi yang berbeda pula. Kalau aku ga lagi pakai makeup sama sekali, aku cuci muka dengan Forever Flawless Exfoliating and Foaming Cleanser di malam hari. Brand Forever Flawless berasal dari Singapore dan aku belum pernah coba produk dari brand ini sebelumnya. Wanginya enak banget deh!

Berbeda lagi ketika wajahku menggunakan makeup. Untuk daily makeup, setelah tahap first cleanser, aku cuci muka dengan Nettoyant Radieux Cleansing Gel dari L'occitane. Tapi kalau sedang memakai makeup yang berat atau kulit muka sudah terasa kasar, maka aku menggunakan Himalaya Gentle Exfoliating Daily Face Wash. Di dalam sabun ini terdapat butiran-butiran semacam scrub yang berguna untuk mengelupas kulit mati.

3. BOOSTER, TONER, & SERUM

Pantang tidur sebelum pakai ini 😄
Setelah selesai mencuci wajah, biasanya aku pakai Secret Key Starting Treatment Essence (STE). Sebenarnya agak bingung apakah harusnya pakai STE dulu atau toner dulu. Tapi karena STE itu booster, katanya sih harus dipakai setelah cuci muka sebelum memakai produk lain untuk memaksimalkan kinerja produk yang digunakan di tahap selanjutnya (namanya aja starting ya, jadi semoga bener dipakai duluan hehe).

Tahap selanjutnya aku pakai Emina Double The Moist Face Toner. Toner ini cocok banget buat yang kulitnya kering seperti aku. Dan di bagian mata aku menggunakan New Cell Eye Serum Roll On untuk mengurangi kantung mata.

4. MOISTURIZER & SUN PROTECTION

Moisturizer & Sun Protection from Emina
Tahap selanjutnya adalah pemakaian moisturizer. Aku memakai Emina Moist in a Bottle yang cepat banget meresap dan ga lengket. Untuk pagi hari, setelah moisturizer aku akan lanjut memakai Emina Sun Protection SPF 30/PA+++. Tapi kalau malam hari aku stop sampai tahap pemakaian moisturizer saja.

5. WEEKLY TREATMENT
Dalam seminggu, wajah perlu dimasker paling tidak dua kali. Tapi jujur kadang aku lupa maskeran. Haha. Sebenarnya aku suka memakai sheet masks karena praktis. Tapi kalau lagi ga ada, aku memakai Emina Green Tea Latte Face Mask (yang jujur aku kurang suka).

Face Mask and Sheet Mask
Lalu seminggu sekali aku menggunakan Forever Flawless Diamond Infused Facial Peeling Gel dengan cara mengaplikasikan gel ke enam sampai delapan titik wajah, lalu dipijat-pijat. Aku suka banget sama produk ini karena bisa bikin daki-daki nakal di wajah berguguran. 😂


Forever Flawless Diamond Infused Peeling Gel
Nah itu tadi rangkaian skincare routine aku. Menurut kalian cukup rempong apa kurang rempong?? Jujur kadang ada waktu-waktu dimana kita ga sempat melakukan semua tahap skincare routine. Dan kalau terpaksa sekali harus skip beberapa step, yang tidak boleh terlewati buat aku di pagi hari adalah sun protection dan di malam hari adalah semua tahap cleansing. Jadi sebelum tidur wajah harus dalam keadaan benar-benar bersih.

Dan ini dia wajah tanpa make up aku setelah penggunaan skincare secara teratur...

No Makeup/Filter Face
Mungkin wajahku memang belum sempurna. Ga kinclong, ga putih, masi ada mata pandanya, dan sebagainya. Memang tujuan perawatan wajahku ini bukan untuk memutihkan, tapi paling tidak wajahku terhindar dari jerawat, ga kusam, serta jauh dari penuaan dini. Saran dari aku untuk kalian, berinvestasilah ke skincare dari sekarang, karena nanti kalian akan menuai hasilnya di usia 40, 50, dan seterusnya.

Semoga tulisan ini dapat membantu kalian yang sedang mencari tahu tentang skincare, ya! Kalian juga boleh banget tinggalin komen tentang produk yang mau kalian rekomendasikan atau tentang skincare routine kalian.

Thankyou for reading and see you on my next post! 😊

X.O.X.O,
Inez

P.S. Special Thanks to @vikasudjarwo for gave me the Forever Flawless products. 😘


4 comments:

  1. Bun Himalaya tu produk jepang gak sih? Tumbas mana? Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Auk yaa jepang apa india gt deh kayanya.. tumbas mana2 ada maiii.. superindo, chandra.. kl vlogger2 juga pd suka yg himalaya neem mask loo..

      Delete
  2. Informasi berharga btw perawatan nya hampir sama kaya aku, pada aku cowok hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa ciyus mas? Pantesan mukamu kinclong hahaha... anw makasih uda mampir.. 😄

      Delete